Inilah Daftar Negara G7 dan Sejarah Singkat KTT G7

- 17 November 2022, 07:06 WIB
Daftar Negara G7 dan Sejarah Singkat KTT G7
Daftar Negara G7 dan Sejarah Singkat KTT G7 /REUTERS/Lukas Barth/Pool

KABAR MESUJI – Ramai diperbincangkan, yakni G7 yang merupakan salah satu organisasi Internasional yang terdiri dari 7 Dunia. Ini juga merupakan negara-negara yang maju.

Mengutip dari berbagai sumber, Group of Seven (G7) ini merupakan organisasi internasional yang terdiri dari tujuh negara.

Adapun KTT G7 adalah konferensi yang dihadiri oleh tujuh negara anggota G7. Dilansir situs G7, berikut ini negara anggota G7.

  1. Kanada
  2. Prancis
  3. Jerman
  4. Italia
  5. Jepang
  6. Inggris
  7. Amerika Serikat

Negara China tidak pernah menjadi anggota G7, meskipun perekonomian negaranya besar dan memiliki populasi terbesar di dunia.

Baca Juga: Persyaratan PPK Pemilu 2024 Yang harus Anda Penuhi

Alasannya karena China termasuk negara dengan tingkat kekayaan yang relatif rendah per individu sehingga tidak dikategorikan sebagai ekonomi maju seperti negara anggota G7.

Rusia Sempat Jadi Anggota G7

Pada KTT Birmingham 1998, Rusia bergabung G7. Secara otomatis, kelompok tersebut berubah nama menjadi Group of Eight (G8) karena memiliki delapan negara anggota.

Pada tahun 2014, Rusia tidak lagi menjadi anggota G7 karena negara tersebut terlibat pelanggaran kedaulatan Ukraina dan integritas teritorial.

Melalui cara ini, G7 menekankan bahwa mereka didasarkan pada nilai-nilai bersama dan tidak siap menerima pelanggaran hukum internasional apapun.

Halaman:

Editor: Ilhaamatul Chasanah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x