Kemensos diGeledah KPK Terkait Dugaan Korupsi Beras Bansos Tahun 2020 Hingga 2021

- 25 Mei 2023, 13:42 WIB
Kemensos diGeledah KPK
Kemensos diGeledah KPK /Jurnal soreang

KABAR MESUJI – Kemensos digeledah KPK atas dugaan terkait dugaan korupsi bantuan sosial. Terkait dengan hal tersebut, Kepala bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan penggeledahan yang dilakukan di Kemensos pada hari Selasa (23/05) bertujuan melengkapi barang bukti dalam kasus ini.

KPK tengah menjelaskan atas penyelidikannya tersebut terkait dengan dugaan korupsi dalam penyaluran beras untuk Keluarga Penerima Manfaat dalam Program Keluarga Harapan tahun 2020 sampai 2021.

"Selama proses penggeledahan, ditemukan dan diamankan bukti-bukti antara lain berupa berbagai dokumen dan bukti elektronik yang tentunya memiliki keterkaitan dengan perkara," kata Ali kepada wartawan, Rabu (24/05).

Baca Juga: Mardani Maming Eks Bupati Tabah Bambu, Serahkan Diri ke KPK Hari Ini 28 Juli 2022

Tanggapan Menteri Sosial

Adapun tanggapan Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan bahwa dirinya tidak tahu atas persoalan kasus ini. Karena kasus ini sebelum dia diangkat menjadi Menteri.

Menurut Ali, dugaan korupsi ini telah mengakibatkan kerugian negara hingga ratusan miliar rupiah.

"Adapun mengenai jumlahnya sejauh ini sementara ya sambil menunggu nanti data lengkap dari lembaga yang berwenang menghitungnya, ya kira-kira ratusan miliar lah, yang nanti bisa menjadi kerugian keuangan negara," kata Ali kepada wartawan, Maret lalu.

Baca Juga: Penerima PKH Tahap 3 Dijadwalkan Cair Juli 2022, Cek Bansos di Situs Resmi Kemensos

KPK belum mengungkap identitas para tersangka namun mereka telah mengajukan pencegahan perjalanan ke luar negeri terhadap enam orang yang diduga terkait dengan perkara ini.

Halaman:

Editor: Ilhaamatul Chasanah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x