Sinergi Dalam Demokrasi, Menuju Pemilu 2024

- 6 Juni 2023, 18:29 WIB
Karya: Aries Setiawan
Karya: Aries Setiawan /

KABAR MESUJI - Demokrasi merupakan sebuah bentuk sistem pemerintahan sebuah negara yang didalamnya terdapat kesetaraan berpendapat bagi rakyatnya yang mencakup kondisi sosial, ekonomi, adat dan budaya.

Dalam sebuah negara yang menjunjung sistem demokratis, akan mengizinkan keterlibatan seluruh warga negara untuk ikut serta dalam pengambilan keputusan baik secara langsung atau melalui perwakilan.

Proses demokrasi di Indonesia pun sudah berjalan dengan cukup baik dengan menggunakan sistem Pemilihan Umum (PEMILU) yang melibatkan seluruh elemen masyarakat sebagai salah satu prosedur untuk memilih wakil rakyat dan pejabat publik lainnya.

Baca Juga: DPR RI M Sarmuji Ungkap Kehadiran PT Waskita Toll Road Mampu Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Proses demokrasi melalui sistem pemilu menjadi sangat baik karena pemilu berasal dari rakyat, dijalankan sesuai kehendak rakyat dan diabdikan untuk kesejahteraan rakyat.

Pemerintah yang dibentuk melalui sistem demokrasi yang baik atau sesuai dengan prosedur pemilu akan menghasilkan pemerintahan yang memiliki jiwa membangun bangsa yang besar dan memiliki legitimasi kuat dari rakyat.

Jika dirasionalkan tahun 2024 bisa disebut juga dengan pesta demokrasi sekaligus momentum yang ditunggu-tunggu oleh semua rakyat Indonesia dengan akan munculnya pemimpin-pemimpin baru yang siap membawa perubahan.

Demokrasi yang sehat menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara yang mampu berkembang dengan pesat, terbukti dengan banyaknya jumlah partai politik yang bermunculan dalam pemilihan dari pariode ke pariode.

Baca Juga: M. Sarmuji Apresiasi SIG Sebagai Salah Satu Pendorong Majunya Sektor Pembangunan Nasional

Halaman:

Editor: Dimut


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x