Google Hadirkan Alat Edit Foto Bertenaga AI Gratis, Ini Aplikasinya

- 12 April 2024, 13:38 WIB
Ilustrasi HP Google Pixel.
Ilustrasi HP Google Pixel. /Google Pixel/Ist

KABAR MESUJI - Google mengumumkan bahwa beberapa fitur pengeditan yang ditingkatkan yang sebelumnya terbatas pada perangkat Pixel dan pelanggan berbayar – termasuk Magic Editor yang didukung AI – kini akan tersedia untuk semua pengguna Google Foto secara gratis.

Perluasan ini juga mencakup Magic Eraser Google yang menghapus item yang tidak diinginkan dari foto, Photo Unblur yang menggunakan pembelajaran mesin untuk mempertajam foto buram, Portrait Light yang memungkinkan pengguna mengubah sumber cahaya pada foto setelah kejadian, dan lainnya.

Alat pengeditan ini secara historis menjadi nilai jual bagi perangkat kelas atas Google, yaitu ponsel Pixel, serta produk langganan penyimpanan cloud Google yakni Google One.

Baca Juga: Mercenary Spyware Ancam Pengguna Apple di 92 Negara, Identitas Hacker Belum Teridentifikasi

Namun dengan semakin banyaknya alat pengeditan bertenaga AI yang membanjiri pasar, Google telah memutuskan untuk membuat serangkaian fitur pengeditan foto AI tersedia bagi lebih banyak orang secara gratis.

Sebagai permulaan, alat ini baru akan mulai diluncurkan pada 15 Mei dan akan memerlukan waktu berminggu-minggu agar alat tersebut dapat diterapkan ke semua pengguna Google Foto.

Selain itu, ada beberapa persyaratan perangkat keras untuk dapat menggunakannya. Di ChromeOS, misalnya, perangkat harus berupa Chromebook Plus dengan ChromeOS versi 118+ atau memiliki RAM minimal 3 GB.

Di seluler, perangkat harus dijalankan pada Android 8.0 atau lebih tinggi atau iOS 15 atau lebih tinggi. Perusahaan mencatat bahwa tablet Pixel sekarang juga akan didukung.

Magic Editor adalah fitur yang paling menonjol dari grup ini. Diperkenalkan tahun lalu dengan peluncuran Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, alat pengeditan ini menggunakan AI generatif untuk melakukan pengeditan foto yang lebih rumit, seperti mengisi celah pada foto, mengubah posisi subjek, dan pengeditan lainnya pada latar depan atau latar belakang foto.

Dengan Magic Editor, pengguna dapat mengubah langit abu-abu menjadi biru, menghapus orang dari latar belakang foto, memusatkan kembali subjek foto sambil mengisi kekosongan, menghapus kekacauan lainnya, dan banyak lagi.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah