Panduan Lengkap Bacaan, Doa dan Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban Hari Raya Idul Adha

- 10 Juli 2022, 11:00 WIB
Artikel ini akan membahas tentang Panduan Lengkap Bacaan, Doa dan Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban Hari Raya Idul Adha.
Artikel ini akan membahas tentang Panduan Lengkap Bacaan, Doa dan Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban Hari Raya Idul Adha. /Pixabay

KABAR MESUJI – Artikel ini akan membahas tentang Panduan Lengkap Bacaan, Doa dan Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban Hari Raya Idul Adha.

Karena, bacaan, doa beserta tatacara penyembelihan hewan Qurban merupakan salah satu bagian dari Syariat yang harus dilaksanakan.

Setiap hari raya Qurban, Umat Islam seluruh Dunia mesti memperingatinya dan melaksanakan penyembelihan hewan Qurban. Namun, dalam menyembelihnya tentu ada tatacaranya.

Salah satu hal yang juga penting untuk dilakukan adalah dengan melakukan atau melafalkan bacaan doa saat melakukan atau melaksanakan menyembelih hewan kurban saat Idul Adha.

Artikel ini sebelumnya sudah pernah terbit di BERITA DIY dengan judul: Bacaan Doa Menyembelih Kurban di Hari Raya Idul Adha 2022 beserta Tata Cara Penyembelihan Hewan Qurban

Pasalnya bertepatan dengan Idul Adha yang akan diperingati pada 10 Dzulhijjah mendatang merupakan salah satu waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Sehingga untuk menyembelih hewan kurban dapat dilakukan oleh umat Islam setelah pada pagi hari menjalankan ibadah dalam Shalat Idul Adha yang nantinya dilaksanakan.

Selain dapat dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijjah, penyembelihan hewan kurban juga dapat dilakukan setelah hari raya Idul Adha atau yang dikenal dengan hari-hari tasyrik.

Waktu atau tanggal dari hari tasyrik yang dapat dilakukan untuk menyembelih hewan kurban tersebut dapat dilaksanakan yaitu pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah mendatang.

Lebih lanjut, dalam melaksanakan penyembelihan hewan kurban, seperti yang dikutip dari NU Jatim, maka dapat dilaksanakan dengan terlebih dahulu membaca Bissmillahirrahmanirrahim.

Halaman:

Editor: Ilhaamatul Chasanah

Sumber: Berita DIY Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah