Pada Saat Kemarau, Penjelasan BMKG Tentang Hujan Yang Masih Menggguyur  Wilayah Indonesia

- 16 Juli 2022, 19:30 WIB
Wilayah Jabodetabek diguyur hujan lebat hingga saat ini. Sebagian daerah yang ada di kota Jakarta terendam banjir. BMKG mengungkapkan
Wilayah Jabodetabek diguyur hujan lebat hingga saat ini. Sebagian daerah yang ada di kota Jakarta terendam banjir. BMKG mengungkapkan /Akhmad Usmar/Sumber Foto: youtube,Prakiraan bmkg

KABAR MESUJI – Wilayah Jabodetabek hujan lebat hingga saat ini. Sebagian daerah yang ada di kota Jakarta terendam banjir.

Meskipun ini adalah musim kemarau kenapa hujan masih saja mengguyur wilayah Indonesia?

Mari kita simak penjelasan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

BMKG mengungkapkan penyebab hadirnya hujan di musim kemarau ini karena aktifnya beberapa fenomena dinamika atmosfer berskala global-regional yang signifikan.

Baca Juga: Wilayah Garut Sekitarnya Terendam Banjir Akibat Hujan Pada Jum’at 15 Juli 2022

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto mengungkapkan, fenomena dinamika yang cukup atmosfer yang cukup signifikan tersebut di antaranya fenomena La Nina yang pada Juli masih cukup aktif dengan kategori lemah.

Kemudian juga terdapat Dipole Mode di wilayah Samudra Hindia yang saat ini juga mempengaruhi dalam memicu peningkatan curah hujan terutama di wilayah Indonesia bagian barat.

"Kondisi tersebut masih turut berpengaruh terhadap penyediaan uap air secara umum di atmosfer Indonesia," kata Guswanto dikutip dari Antara.

Kemudian, pada skala regional juga terdapat beberapa fenomena gelombang atmosfer yang aktif meningkatkan aktivitas konvektif dan pembentukan awan hujah, yakni MJO (Madden Jullian Oscillation), gelombang Kelvin, dan gelombang Rossby yang terjadi pada periode yang sama.

Halaman:

Editor: Devi Purwanti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x