Viral, Akan Terjadi Fenomena Hujan Meteor Pada Akhir Juli 2022

- 16 Juli 2022, 11:31 WIB
Hujan Meteor Alpha Capricornids dan Delta Aquariids Akan Terjadi Akhir Juli 2022, Begini Penjelasan BRIN
Hujan Meteor Alpha Capricornids dan Delta Aquariids Akan Terjadi Akhir Juli 2022, Begini Penjelasan BRIN /Pixabay/Oscar Portan

KABAR MESUJI – Apakah benar akan tejadi hujan meter di akhir Juli 2022? Hal ini juga dikatakan oleh keterangan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Fenomena hujan meteor Alpha-Capricornids dan Delta-Aquariids akan terjadi pada akhir Juli 2022 di langit selatan dan dapat diamati dari wilayah Indonesia.

Diilansir KABAR MESUJI dari ANTARA News, “Hujan meteor Alpha-Capricornids ini bisa diamati pada 30 – 31 Juli 2022 mulai pukul 20.00 WIB di ufuk timur. Namun waktu terbaik adalah setelah lewat tengah malam di arah langit selatan,” kata Peneliti Utama bidang Astronomi dan Astrofisika BRIN Thomas Djamaluddin di Jakarta, Jumat.

Ia menyamppaikan bahwa aka nada 5 meteor per jam yang melintasi langit., yakni debu-debu komet yang berukuran kecil akan memasuki atmosfir Bumi kemudian terbakar.

Sehinga hal tersebut akan tampak seperti bintang-bintang yang terjatuh. Sementara hujan meteor Delta Aquariids dapat diamati pada 29-30 Juli 2022 mulai pukul 23.00 WIB di ufuk timur. Puncaknya sekitar pukul 02.00 WIB di langit selatan.

Menurut dia hujan meteor yang akan datang tidak berbahaya. Debu-debu sisa komet habis terbakar pada ketinggian di atas 80 km. Anda bisa melihatnya pada tempat yang gelap atau minim cahaya.***

 

Editor: Ilhaamatul Chasanah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah