2 Keutamaan Terbesar Ibadah Sunah Puasa Arafah

- 10 Juli 2022, 10:00 WIB
Keutamaan Puasa Arafah penjelasan Ustadz Khalid Basalamah.
Keutamaan Puasa Arafah penjelasan Ustadz Khalid Basalamah. /Pixabay.com/ahmadi19

KABAR MESUJI – Puasa Sunah arafah ini mempunyai banyak sekali keutamaannya. Salah satunya adalah bagi umat Islam yang melaksanakan puasa Arafah.

Adapaun dalil dari puasa Arafah disampaikan oleh ulama ahli hadits Al-Hafidz Ibnu Hajar yang berbunyi;

"Diriwayatkan dari Malik bahwa para sahabat berbeda tentang puasa Nabi. Ini menunjukkan bahwa puasa Arafah sudah dikenal di kalangan para Sahabat dan mereka terbiasa untuk puasa saat berdomisili/tidak bepergian." (Fath Al-Bari, 4/237).

Baca Juga: Menu masakan Kepala Kambing Agar Empuk di Hari Raya Qurban 2022

Terdapat 2 keuntungan di dalam menjalankan ibadah puasa arafah di tanggal 9 Dzulhijah yang hari ini bertepatan pada tanggal 9 Juli 2022.

Artikel yang sudah terbit di Pikiran Rakyat dengan Judul: Sejarah dan Keutamaan Puasa Arafah.

Dilansir dari Nu.or.id, berikut kedua keutamaan menjalankan ibadah sunnah puasa Arrafah;

  1. Menghapus Dosa

Hanya dengan berpuasa Arafah di tanggal 9 Dzullhijjah, maka umat muslim dapat menghapuskan dosa-dosanya selama dua tahun. Dengan rincian, dosa setahun yang telah berlalu dan dosa setahun yang akan datang.

Hal ini diketahui berdsarkan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi, “ Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim).

Lebih lanjut, para ulama pun berpendapat, bahwa dosa-dosa yang dihapuskan karena menjalankan ibadah puasa Arafah itu merupakan dosa-dosa yang terbilang kecil. Pendapat ini diterangkan oleh Imam Nawawi dalam Syarah Muslim.

Halaman:

Editor: Ilhaamatul Chasanah

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x